Alien, apakah kamu ada disana?



Setelah hampir 50 tahun menunggu alien menghubungi kita, Australia Cosmos Magazine mengambil langkah yang lebih proaktif. Pada majalah mingguan itu kamu diberikan kesempatan untuk berkirim pesan dengan para alien.

Dalam 11 hari, teleskop radio Tidbinbilla milik Nasa yang berlokasi di Australia akan mengirimkan pesan kepada Gliese 581b, sebuah planet yang berjarak 20,3 tahun cahaya dari bumi. Gliese 581b telah diidentifikasi sebagai sebuah planet berbatu yang jauh dari bintangnya sebagaimana jarak bumi dan matahari. Ini berarti dari sekian banyak planet luar yang teridentifikasi, Gliese 581b kemungkinan mempunyai cadangan air dan dengan adanya air diplanet itu maka dimungkinkan pula adanya kehidupan.

Dari hasil pengamatan Gliese 581b mengorbit pada sebuah bintang merah dan kecil yang sinarnya pun telah redup. Ini berarti dengan jarak sedemikian jauh dari bintangnya maka gaya gravitasi akan sangat kecil, sehingga planet ini tidak berotasi, jadi disatu sisi planet terjebak selamanya dalam kegelapan, dan sisi yang lainnya mengalami siang hari sepnajang masa.

Tapi katakanlah planet ini berotasi dan memiliki air serta mahluk cerdas didalamnya yang menuggu kiriman pesan darimu. Jadi kunjungi situs ini dan katakan apa yang ingin kamu katakan kepada alien. Di situs itu lebih dari 7000 orang telah menuliskan pesannya. Dan pesannya pun lucu-lucu...

Blog Archive