Hati-Hati, Trojan Michael Jackson Lebih Mengganas



Belum lama Michael Jackson meninggal, namun kini masih tersiar spekulasi berkaitan dengan sebab kematiannya. Tidak hanya banyak orang yang penasaran, namun spam pun juga ikut-ikutan ‘meramaikan’ masalah Jacko tersebut. Sebuah spam telah beredar dengan subject “Who Killed Michael Jackson?” yang datang dengan identitas pengirimnya bernama X-Files.

Dalam pesan spam Jacko tersebut memberikan sebuah link, dimana di dalamnya terdapat informasi siapakah yang membunuh Jacko. Dengan mengklik link tersebut, maka user akan masuk ke sebuah website, dimana user kemudian didorong untuk mengeksekusi sebuah file, yang mengandung informasi rahasia, untuk menemukan siapa pembunuh Jacko.

Namun, tentu saja file executable tersebut tidak ada kaitannya dengan kasus kematian Michael Jackson atau diri Jacko sama sekali, karena file tersebut merupakan program pencuri data, yang dideteksi perusahaan keamanan Trend Micro sebagai Trojan TROJ_ZBOT.AXY. Trojan tersebut kemudian akan mengkoneksikan user ke alamat URL tertentu, yang lalu secara otomatis men-download sebuah konfigurasi file yang berisi list website untuk Internet banking. Sekali user mengunjungi list website tersebut, maka situs mata-mata akan menampilkan website bank yang tampak asli padahal palsu, kemudian informasi penting milik user yang telah dimasukkan ke website tersebut, akan dikirim ke remote user.

Namun, spam Michael Jckson tersebut masih dapat ditangani oleh Smart Protection Network (itw.trendmicro.com/smart-protection-network) dari Trend Micro, yang kemudian dideteksi dan diblokir.

sumber

Blog Archive