IBM Rencanakan Mikrochip Berstruktur DNA


International Business Machines Corp. atau yang lebih dikenal dengan nama IBM, berencana akan melibatkan struktur DNA pada pembuatan mikrochip generasi mendatang. Sebagai perusahaan pembuat chip, tentu saja IBM harus bisa bersaing untuk mengembangkan chip terkecil namun dengan harga yang murah. Untuk itulah para desainer chip berusaha merancang chip mereka agar dapat memangkas biaya pembuatan.

Selama ini, mikrochip banyak dibenamkan dalam komputer, ponsel dan perangkat elektronik lainnya. "Ini adalah demontrasi pertama menggunakan molekul biologi guna membantu proses industri semikonduktor, " kata Spike Narayan (Manager Peneliti IBM) melalui sebuah wawancara dengan Reuters.

Nanostruktur DNA buatan, atau yang disebut "DNA origami" ini mungkin akan menyediakan kerangka murah untuk membangun mikrochip kecil. Nah, di jaman sekarang ini chip berukuran kecil justru dibandrol dengan harga yang terbilang mahal. Menurut Narayan, jika proses origami DNA diskalakan ke level produksi, manufaktur perdagangan akan mendapat untung ratusan juta dollar dengan peralatan komplek berharga kurang dari satu juta dollar yang dihasilkan dari polymer, solusi DNA dan implementasi pemanas.

Penelitian tersebut dilakukan bekerjasama dengan para ilmuwan dari Almaden Research Center IBM dan Institute Teknologi California. Namun jangan senang dulu, pasalnya proses penggunaan DNA pada mikroprosesor ini setidaknya baru akan terealisasi 10 tahun mendatang. Ya, untuk membangun kerangka kerja yang jauh lebih kecil ketimbang alat konvensional, teknik baru ini pasti memerlukan waktu untuk pengujian dan eksperimen terlebih dahulu.

(infokom)

Blog Archive